Ini Upaya Mahasiswa KKN UNESA, Brownies Tempe Jadikan Jajanan Khas Taman Safari

Brownies Tempe Lemahbang atau Brownies Tembang

Suarakumandang.com, BERITA PASURUAN. Ditengah banyaknya produk makanan khas yang baru bermunculan, membuat para ahli makanan berlomba untuk membuat makanan baru untuk dijadikan jajanan khas dari suatu daerah. Tentunya, persaingan dibidang kuliner ini banyak cara produsen untuk menarik minat konsumen.

Mulai dari kemasan, rasa, histori makanan, bahan, bentuk, bahkan harga. Persaingan tersebut tidak lain untuk menghasilkan omset sesuai target yang diinginkan.

Sehingga untuk memperkenalkan produk itupun banyak cara yang dilakukan. Seperti saat ini, selain secara langsung, lewat dunia maya (media sosial) juga sangat kental dijadikan alat propaganda untuk mempromosikan sebuah produk.

Seperti 16 Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa)  saat  Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Lemahbang, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, mereka mengusulkan untuk pembentukan sebuah Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sekaligus  juga memberi pembekalan danpemasaran produk UKM.

Kurnia Rosida mahasiswa S1 Akuntansi koordinator kewirausahaan KKN  menjelaskan bahwa semua yang dilakukan bersama teman KKN nya ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian warga. “Sudah menjadi rumus pasti, dimana suatu negara ekonominya kuat maka negara tersebut rakyatnya hidup makmur,” ujar Kurnia Rosida yang kerap disapa Oci.Rabu,(16/08/2019) lalu.

“Di sini kami memberikan pembekalan tentang pengemasan serta pemasaran untuk produk UKM, produknya yaitu namanya Brownies Tempe Lemahbang atau Brownies Tembang,”jelas Oci.

Alasan  memilih membuat Brownies Tempe. Menurutnya, semua bahan  berasal dari Lemahbang, sebab mayoritas dari mereka adalah pembuat tempe. “Tak hanya itu, semua dipertimbangkan karena lokasi pintu masuk wisata Taman Safari Prigen berada di Desa Lemahbang,”terang Oci kepada jurnalis suara kumandang.

“Jadi kami ingin mengembangkan produk yang sudah ada yaitu tempe. Alasan kami dijadikan brownies, karena brownies identik dengan makanan oleh-oleh dari suatu daerah,”ucap Oci.

Berhubung di Desa Lemahbang terdapat pintu masuk Taman Safari dalam hal ini  Oci dan teman-teman KKN  berharap brownies ini bisa menjadi makanan khas dari taman safari sendiri. ”Semoga upaya kami untuk menjadikan Brownies Tempe jajanan khas bagi pengunjung di taman safari,” harapanya.

Upaya KKN Unesa untuk menjadikan Brownies Tembang jajanan khas juga memberikan bekal tentang pengemasan dan pemasaran produk Brownies Tembang agar bisa bersaing menjadi makanan khas dari Taman Safari Prigen.

Jurnalis: Nuvreilla Nadya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.