Hindari Kecurangan Politik Dukcapil Bakar Ribuan KTP

pembakaran KTPdi halaman kantor Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil) Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur Rabu, (19/12/2018).

Suarakumandang.com, BERITA PONOROGO. Terdapat kegiatan yang tidak biasa di halaman kantor Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil) Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Kegiatan yang tak biasa ini adalah membakar ribuan KTP (Kartu Tanda Penduduk) milik warga Ponorogo. Pembakaran KTP ini dilakukan oleh petugas Dukcapil bersama Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni. Rabu, (19/12/2018).

Pembakaran KTP yang dilakukan Bupati Ponorogo bersama Dukcapil ini sengaja dilakukan untuk mengantisipasi penyalah gunaan KTP. Termasuk indikasi adanya DPT ganda pada pemilu, terlebih lagi jelang tahun politik 2019 mendatang.

” Hal ini dilakukan agar KTP yang tidak terpakai itu tidak disalah gunakan pihak tak bertanggung jawab. Disalah gunakan itu macam macam, bisa disalah gunakan untuk kepentingan politik, bisa disalah gunakan untuk kepentingan kepentingan merusak opini,” ujar Ipong Bupati Ponorogo.

Sedikitnya ada 65.499 keping KTP milik warga Ponorogo yang ada di Dukcapil lalu dimusnahkan dengan cara dibakar oleh Bupati Ponorogo, petugas Dukcapil, serta Polisi di halaman kantor Dukcapil Ponorogo. 65.499 keping KTP ini merupakan KTP milik warga Ponorogo yang memang mengalami kerusakan atau invailid sejak setahun silam. Yakni, pemilik KTP sudah meninggal, rusak, kawin, cerai, pindah domisili, serta blangko yang sudah rusak.

Sementara sebelum proses pembakaran, petugas Dukcapil sudah melakukan pengecekan dan pembuatan berita acara. Termasuk memotong ujung KTP. Pemusnahan KTP invalid ini merupakan tindak lanjut dari pemerintah Mendagri untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“ Kami belajar dari contoh kasus KTP yang ditemukan di kebun kacang di Jakarta, itu ternyata bukan kececer tapi sengaja dibuang oleh oknum yang sampai sekarang masih diselidiki. Untuk menghindari hal hal itu maka ada perintah memusnahkan KTP invalid, “ pungkasnya.Nuvreilla.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.