Connect with us

SKI News

Hasil Padi Ngawi Siap Berstandar Ekspor

Published

on

Bupati Ngawi Budi Sulistyono dan Dirjen Tanaman Pangan Kementrian Pertanian RI, Suwandi melakukan panen raya di desa Dawu Kecamatan Paron ( 4/12/19).

Suarakumandang.com,BERITA NGAWI. Hal tersebut disampaikan oleh Dirjen Tanaman Pangn Kementrian RI, Suwandi di depan Forkompimda Ngawi dan jajaran Dinas Pertanian Ngawi, pada acara panen raya padi di desa Dawu kecamtan Paron Rabu Siang ( 04/12/19).

Ia mengatakan bahwa dari luasan lahan 500 hektar yang saat ini tengah panen raya, telah mampu mencukupi kebutuhan lokal hanya 20 % selebihnya 80% siap dipasok untuk kebutuhan pasar diluar wilayah Ngawi .

“Pencapaian ini sangat luar biasa, patut diapresiasi, jika produksi dan produktivitas semakin ditingkatkan, baik dengan teknik budidaya maupun manajemen pengelolaan kawasan hamparan, maka dipastikan dapat meningkatkan kesejahteraan petani. Sehingga di wilayah Jawa Timur, bersama dengan Madiun, Ponorogo dan Nganjuk, serta Ngawi menjadi sentra pemasok  gabah nasional,sangat memungkinkan siap memasuki pasar ekspor,” kata Suwandi.

Sementara kebijakan baru dari kementerian pertanian demi mendukung target ekspor secara efektif dan efisien, telah digalakan metode Komando Strategi pembangunan Pertanian (Kostratani), yang bergerak pada level kecamatan dimana tim terpadu mulai dari penyuluh, petugas teknis lapangan, babinsa hingga pihak kepolisan dan perangkat kecamatan tergeneralisai dalam sebuah kordinat komunikasi berbasis IT atau online.

Jurnalis: Ahmad Hakimi

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.