Connect with us

SKI News

Hasil Kerajinan Tangan Warga Binaan Lapas II B Ngawi, Merambah Pasar Digital

Published

on

Suarakumandang.com,BERITA NGAWI. Lapas bukan penghalang kreativitas, mungkin itulah semboyan para warga binaan pemasyarakatan (WBP) lapas II B Ngawi, yang tetap berkarya meskipun di balik jeruji penjara.

Gatot, plh Kasi Bimbingan Narapidana/Anak Didik dan Kegiatan Kerja (Binadik dan Giatja)  lapas II B Ngawi mengatakan bahwa selama menjalani masa hukuman pidana, para WBP tidak hanya diam menunggu masa tahanan selesai, tetapi narapidana dan tahanan dimanusiakan, diberikan pelatihan, dipekerjakan, difasilitasi minat dan bakatnya dan pada saatnya hasil kreativitas mereka dipamerkan.

“Dari kegiatan tersebut, dampak positif yang timbul adalah penyamarataan revolusi mental, sehingga terjadi perubahan perilaku yang lebih baik, lebih berintegritas dan menjadi warga masyarakat yang membanggakan dan berkontribusi bagi masyarakat sekitarnya,” kata Gatot.Minggu, (04/10/2020).

Lapas II B Ngawi sendiri mempunyai sejumlah program kemandirian untuk ditekuni oleh WBP, diantaranya adalah membuat kerajinan rajutan berupa tas, dompet, wadah kosmetik dan lain sebagainya.

Selama 4 hari hingga seminggu, sebanyak 24 WBP wanita ikut kegiatan kreatifitas merajut yang akan dipasatkan secara online maupun jual langsung melalui petugas lapas., hasilnya pun sangat membanggakan.

“Diharapkan kemampuan dan kreativitas yang diperoleh oleh WBP selama di Lapas nantinya dapat diterapkan ketika selesai menjalani masa tahanan dan kembali ke tengah masyarakat,” tutup Gatot.

Jurnalis:   Ahmad Hakimi.

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.