Connect with us

SKI News

Gelar Jemparingan, Disparbud Magetan Pangkas Jumlah Peserta

Published

on

Peserta jemparingan yang siap membidik anak panahnya ke sasaran.

Suarakumandang.com, BERITA MAGETAN. Upaya pemerintah Kabupaten Magetan, Jawa Timur dalam melestarikan salah satu seni budayanya dengan menggelar kesenian Jemparingan yang diadakan di lapangan Kelurahan Bulukerto, Kecamatan/Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Namun, peserta yang mengikuti acara Jemparingan dibatasi sampai 30 peserta guna menekan penyebaran COVID-19 di Magetan. Minggu, (08/11/2020).

Joko Trihono kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud )Kabupaten Magetan mengatakan pihaknya mengadakan acara jemparingan atau panahan ini merupakan agenda tahunan yang bertujuan untuk melestarikan budaya. ” Dalam penyelenggaraannya tradisi panahan tradisonal ini dimana peserta diharuskan duduk. Sedangkan panahan ini merupakan olah raga melatih untuk meningkatan konsentrasi dan kesabaran,” jelasnya.

“Disini peserta hanya diperbolehkan satu kali permainan dan bergantian dengan peserta lainnya.”Sekali main dari 30 peserta kita bagi 3 set, jadi masing-masing 10 orang secara bergantian,”tutur Joko.

Ia juga menjelaskan bahwa tahun 2020 peserta dibatasi menjadi 30 peserta saja dikarenakan kondisi masih masa pandemic COIVD-19. ”Kami batasi sampai 30 peserta dari Magetan, kalau tahun sebelumnya peserta bisa mencapai 300-an,”kata Joko.

Sementara itu, Saifudin Fanani ketua Panitia Jemparingan menjelaskan bahwa pihaknya mengadakan jemparingan ini bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Magetan. Selain untuk melestarikan budaya, Saifudin menjelaskan bahwa jemparingan ini merupakan sunah Nabi. ” Ada 3 olah raga yang disunahkan oleh Nabi yakni Panahan, berkuda dan renang,” jelas Saifudin kepada jurnalis suara kumandang.

“Sebenarnya juga ada peserta dari anak-anak, cuman karena COVID-19 untuk sementara kami tiadakan dulu,”paparnya.

Sementara itu Saifudin juga mengharapkan jemparingan ini kedepannya selain untuk melstarikan budaya bisa dikembangkan untuk prestasi.

Jurnalis: Cahyo Nugroho.

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.