Connect with us

SKI News

Festival Pecah Celengan Bersama

Published

on

Suarakumandang.com, BERITA PONOROGO. Sedikitinya ada 550 anak-anak mulai usai taman kanak-kanak, sekolah dasar hingga SMP di desa Bringinan, Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur berkumpul di rumah baca di desa setempat, dalam rangka mengikuti festival pecah celengan bersama. Sebelumnya 550 anak mendapat celengan dari pemerintah desa satu tahun lalu.

Barno kepala desa Bringinan mengatakan pihak desa akan memberikan hadiah  dan piala  Bupati bagi anak-anak yang mempunyai celengan terbanyak. ”Festival pecah celengan bersama yakni bertujuan melatih anak yang hemat dan rajin menambung,”ujar Barno kepada wartawan. Rabu,(01/04/2019).

“Selain itu juga melatih anak tidak boros, selama ini saya lihat anak-anak itu banyak jajan dimana-mana padahal yang dimakan belum tentu sehat, dan festival ini banyak manfaatnya selain hidup hemat mereka akan terbiasa hidup sehat,”kata Barno.

Barno mengaku sengaja mengadakan kegiatan ini untuk memberikan pembelajaran menabung sejak dini. Termasuk bisa membeli baju lebaran dari uang tabungan bukan dari meminta kepada orang tua.

Di jelaskan pula, festival pecah celengan itu sebelumnya satu tahun yang lalu, mereka dipinjami celengan oleh pihak pemerintah desa  untuk dibawa pulang lalu diisi dari hasil menyisikan uang saku sekolah.”Setelah satu tahun lamanya, dari 550 anak tersebut disuruh kembali dengan membawa celelngan untuk dipecah bersama-sama. Siapa yang terbanyak akan mendapatkan hadiah dan piala Bupati,”kata Barno.

Namun dalam festival ini panitia mewajibkan jika celengan ini hanya boleh diisi oleh anak anak tanpa bantuan orang tua. “Dalam lomba ini ada kategori tertentu yakni jumlah koin seribuan terbanyak, lima ratusan terbanyak , seratusan terbanyak dan akumulasi jumlah didalam kotak yang terbanyak,”terang Barno.

Jumlah tabungan bervariasi meski hanya satu tahun namun hasil tabungan anak-anak ada yang terkumpul Rp 400 ribu sampai Rp 1,5 juta

Sementara itu, pihak desa juga mefasilitasi penukaran uang besar jika peserta sudah mengumpulkan uang hasil celenganya. Dan nanti uang tersebut akan ditukar ke pedagang yang membutuhkan uang receh.

Jurnalis: Cahyo Nugroho

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.