Disnaker Magetan Setiap Bulan Kirim 35 Tenaga Kerja Ke Pulau Batam

MEMBERIKAN ARAHANI:Irwan Suwito staf PT Yunusa Karya Mandiri sedang memberikan arahan kepada peserta di halaman kantor dinas tenaga kerja Magetan

MEMBERIKAN ARAHAN:Irwan Suwito staf PT Yunusa Karya Mandiri sedang memberikan arahan kepada peserta di halaman kantor dinas tenaga kerja Magetan

Magetan.Suarakumandang.com- Upaya untuk mengurangi pengangguran Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Magetan,Jawa Timur  melakukan kerjasama dengan sejumlah perusahaan di Batam. Setiap satu bulan mengirim dan menempatkan tenaga kerja Antar Kerja Antar Daerah (AKAD ) 35 orang ke berbagai perusahaan di Batam.

“Setiap bulan kami bisa mengirimkan sedikitnya 35 tenaga kerja AKAD, kebetulan saya salah satu petugas untuk wilayah Magetan dan sekitarnyam” kata Irwan Suwito staf PT Yunusa Karya Mandiri. (22/06/2017) lalu.

Menurutnya, pengiriman tenaga kerja AKAD juga berdasarkan permintaan perusahaan Batam yang membuka lowongan pekerjaan disana.

Sebelum berangkat ke pulau  Batam peserta harus melalui tes tulis dan pengisian biodata yang dilakuan di kantor Disnaker kabupaten Magetan. Kemudian, setelah lulus seleksi mereka akan melanjutkan interview dan diteruskan chek up di salah satu laboratirum klinik yang ditunjuk oleh perusahaan .

”Bila semua sudah sesuai dengan persyaratan maka akan diberangkatkan ke pulau Batam dengan biaya yang ditanggung oleh perusahaan,”katanya.

Dijelaskan pula, untuk kerja awal mereka akan dikontrak selama 2 tahun, dan apabila kontrak mereka habis, ada kemungkinan perpanjangan kontrak dan kemungkinan tidak, semua tergantung dari mereka.

“Dalam hal ini, perlu diketahui, pihak perusahaan tidak asal menerima kembali, namun tergantung nilai rapot mereka selama 2 tahun,  jika perusahaan  tidak membutuhkan maka akan di finis kontrak tetapi jika perusahaan masih membutuhkan maka akan di perpanjang lagi satu tahun.”terangnya.

Dikatakan peserta lulusan SMK negeri  dan swasta , mereka yang mendaftar melalui disnaker kabupaten Magetan tidak hanya dari Magetan melainkan dari luar Magetan. “Saat ini ada sekitar 100 perserta yang mendaftar ke pulau Batam, maksimal umur 23 tahun, rencana kalau sudah siap akan diberangkatkan tanggal 22 juli ini,”papar Irwan Suwito.

Masih kata Irwan Suwito, sekitar 90% dari mereka  yang di perpanjang kontraknya  karena masih butuh pekerjaan dan mengingat kesempatan kerja yang tidak mudah.

Sementara itu, PT Yunusa Karya Mandiri mempunyai costumer sekitar tujuh perusahaan yang aktif di pulau Batam. Perusahaan-perusahaan tersebut merekrut secara terus menerus, tidak hanya satu perusahaan.

“Setiap bulan kami membuka lowongan kerja dan dari Disnager Magetan memberangkatkan sekitar 30-40 orang yang ingin bekerja di pulau Batam. Jadi rata-rata pendaftar dalam satu bulan ini sekitar 100 orang,”pungkasnya.Cahyo.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.