Connect with us

SKI Kesehatan

Daop 7 Madiun Gelar Pengobatan Gratis di Dalam Gerbong KA Rail Clinic

Published

on

Salah satu pasien kelaura dari KA Rail Clinik usai mendapatkan pengbatan gratis dari Daop 7 Madiun

Suarakumandang.com,BERITA MADIUN. Ada pemandangan yang unik di stasiun Saradan, biasanya suatu lembaga atau organisasi mengadakan bahkti sosial digelar ditempat seperti lapangan, gedung dan rumah warga . Berbeda dengan  PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 7 Madiun pihaknya mengadakan bakti  sosial pengobatan gratis di dalam gerbong kereta api Rail Clinic.

Tak hanya pengobatan gratis pihak Daop 7,  satu dari empat  rangkaian gerbang kereta api rail clinic sengaja disediakan untuk ruang perpustakaan bagi anak-anak sekolah dasar dan tingkat SLTP, Rabu,((21/08/2019).

“Bakti sosial pengobatan gratis di  gerbong kereta api Rail Clinic merupakan bagian dari pelayanan sekaligus bentuk kepedulian pihak PT KAI Daop 7 Madiun,”ujar Vice President Daop 7 Madiun, Wisnu Pramudyo.

Dijelaskan pula, pihak Daop 7 Madiun melayani pengobatan gratis diantaranya meliputi pemeriksaan umum, gigi, kesehatan ibu anak, mata, laboratorium sederhana (gula darah, asam urat, dan kolesterol), dan penyuluhan kesehatan.

“Tak hanya itu saja, warga yang usai mendapatkan pengobatan gratis juga mendapatkan  pembinaan dan sosialisasi terkait keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api oleh petugas Unit Pengamanan,”kata Wsinu kepada jurnalis suara kumandang.

Kata Wisnu, sedikitnya ada 300 warga sekitar stasiun Saradan yang telah mendapatkan pengobatan gratis. “ Dalam kegiatan bakti sosial pihak kami juga memberikan 50 kacamata gratis bagi siswa-siswi sekolah dasar yang kurang mampu,”kata Wisnu lagi.

“Selain  anak-anak  mendapatkan pengobatan gratis pihak kami  juga memberi  pelayanan perputakasaan di dalam gerbang yang bertujuan untuk edukasi anak-anak guna menambah ilmu pengetahuan,”tutur Wisnu.

Dikatakan, ada 102 siswa siswi SD dari SDN 3 Sugihwaras sebanyak 37 siswa serta SDN Sidorejo sebanyak 65 siswa.

Untuk kelancaran pelayan pengobatan gratis pihak Daop 7 Madiun melibatkan  31 orang tenaga medis dan dua orang tenaga untuk “Rail Library” dengan dibantu 14 orang railfans dan support dari tiap-tiap unit dengan total 97 personil.

Sesuai rencana yang sudah terporgramkan Bakti sosial diadakan di dua lokasi yakni di Stasiun Saradan dan stasiun  Walikukun. “Sedangkan stasiun walikukun akan dilaksanankan tanggal 22 agustus 2019, sesuai rencana akan melayani pengobatan gratis sebanyak 300 warga dan 167 siswa SD yang terdiri dari SDN 5 Walikukun, SDIT dan MI Walikukun. Total 600 warga  dan 269 siswa SD,”jelas Wisnu.

Dalam kegaiatan ini, Wisnu berharap, bakti sosial Rail Clinic yang dilakukan rutin setiap tahunnya ini dapat memberikan manfaat langsung bagi warga khususnya yang berada di dekat jalur kereta api. “Dan kami juga berharap warga masyarakat ikut peduli dan menjaga keselamatan perjalanan kereta api,”pungkasnya.

Jurnalis: Cahyo Nugroho.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.