Connect with us

SKI News

Bupati Ponorogo Buka Perayaan Grebeg Suro Dan Hari Jadi Ponorogo Ke 526

Published

on

Pertunjukan Reog di panggung utama alun alun Ponorogo

Suarakumandang.com, BERITA PONOROGO. Kamis,(21/07/2022) di panggung utama Alun alun Ponorogo, Sugiri Bupati Ponorogo meresmikan pembukaan  Grebeg Suro tahun 2022 dan hari jadi kabupaten Ponorogo. Sebagai tanda dimulainya rangkaian kegiatan perayaan Grebeg suro di Kabupaten Dayang serahkan cemeti kepada Bupati Sugiri Sancoko.

Usai acara penyerahan cemeti dan mengayunkan pecut berbagai rangkaian grebeg suro dimulai, seperti tari kolosal hingga Sajian musik Religi “Debu” dengan diiringi 10 orang penari sufi.

Sugiri mengatakan bahwa grebek Suro merupakan tradisi budaya tahunan masyarakat Ponorogo yang diwujudkan dengan menggelar pesta rakyat, Seni dan tradisi yang ditampilkan meliputi Festival Nasional Reog Ponorogo, Pawai Lintas Sejarah dan Kirab Pusaka, dan Larungan Risalah Doa di Telaga Ngebel.

Dijelaskan pula, bahwa Grebeg Suro tahun 2022 ini menjadi momentum titik balik ekonomi dan semangat kebangkitan setelah terpuruk dua tahun dimasa pandemi COVID-19 dengan mengusung tema “Bergandeng Erat, Bergerak Cepat, Ponorogo Hebat”.

Disebutkan “Bergandeng Erat, Bergerak Cepat, Ponorogo Hebat  yaitu mengandung makna bahwa perayaan Grebeg Suro ini terselenggara atas kerjasama semua pihak, baik Pemerintah Daerah, perguruan tinggi, sektor swasta dan seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Ponorogo untuk senantiasa bergandeng erat, bahu membahu dalam rangka mewujudkan Ponorogo yang Harmonis, Elok, Amanah dan Bertaqwa.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda)  Kabupaten Ponorogo Agus Pramono sebagai ketua umum Grebeg Suro tahun 2022 merasa bersyukur pada tahun ini Kabupaten Ponorogo sudah bisa menyelenggarakan kembali kegiatan rutin tahunan yaitu Grebeg Suro dengan menggelar festival Reog Mini (FRM) ke XVIII, Festival Nasional Reog Ponorogo ke – XXVII dan Peringatan Hari Jadi ke – 526 Kabupaten Ponorogo tahun 2022.

Menurutnya, 2 tahun sebelumnya di masa pandemi COVID-19 vakum tidak bisa melaksanakan kegiatan grebeg suro.” Perayaan Grebeg Suro adalah acara tahunan yang diadakan pada 1 Muharram atau 1 Suro di Kalender Jawa. Oleh karena itu tahun 2022 ini merupakan momentum yang tepat untuk kebangkitan Kabupaten Ponorogo bertepatan dengan  Peringatan Hari Jadi ke – 526 Kabupaten Ponorogo,” jelas Agus.

Perayaan Grebeg Suro dan peringatan hari jadi Kabupaten Ponorogo ke – 526 dimeriahkan lebih dari 50 event dengan event utama yaitu Festival Nasional Reog Ponorogo, Festival Reog Mini, ziarah makam Batoro Katong, Larungan Telaga Ngebel, Gelar Budaya dan lain sebagainya.

Sementara itu,  atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Ponorogo, Agus Menyampaikan  Selamat Datang di Bumi Reog Ponorogo pada tamu undangan dan peserta festival Reyog baik dari Kabupaten Ponorogo maupun dari luar Kabupaten Ponorogo.

Jurnalis: cahyo Nugroho (Adv).

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *