Bahasa Indonesia Luar Ruang, antara Nilai Jual dan Kaidah

Kepala Balai Bahasa Jawa Timur ( kiri ), Drs. Mustakim. M.Hum , didampingi Kasek SMK 1 Magetan memberikan sambutan pembuka penyuluhan Bahasa Luar Ruang kepada OPD Magetan.

Suarakumandang.com,BERITA MAGETAN. Pentingnya penggunaan bahasa Indonesia yang benar pada media luar ruang, terutama bagi fasilitas umum dan tempat pelayanan masyarakat, menjadi materi penyuluhan Balai Bahasa Jawa Timur di Magetan, Selasa ( 08/10/2019).

Dihadapan sekitar 45 peserta dari unsur Organisasi Perangkat Daerah ( OPD), penyuluhan bertema penggunaan bahasa luar ruangan ini, juga untuk memperkuat rasa nasionalisme kepada masyarakat melalui penggunaan bahasa Indonesia.

Penyuluhan yang dibuka langsung oleh Kepala Balai Bahasa Jawa Timur, Mustakim, ini dijadwalkan  berlangsung selama dua hari, di SMK 1 Magetan, untuk mematangkan pentingnya pengenalan kaidah bahasa Indonesia yang benar untuk digunakan di luar ruangan.

Menurut Mustakim, pentingnya penyuluhan ini selain rasa nasionalisme, menangkal terpaan penggunaan bahasa asing secara berlebihan di tempat umum.

“Pentingnya penyuluhan ini agar masyarakat lebih memahami apa yang dikomunikasikan, sehingga tidak menimbulkan kesalah pahaman,” ujar  Mustakim kepada jurnalis Suara Kumandang.

Dia juga mengatakan, penggunaan bahasa Indonesia di media sosial (Medsos) yang belakangan semakin marak juga disoroti oleh Mustakim. “Karena itu penyuluhan ini juga bermateri tentang struktur bahasa Indonesia yang benar dan beretika,”jelas Mustakim.

“Melaui penyuluhan ini diharapkan orang bisa memahami struktur dan etika sehingga tidak menimbulkan orang lain merasa tersinggung dan lain sebagainya,” kata Mustakim.

Beberapa narasumber juga dihadirkan dalam setiap materi yang disajikan, diantaranya tata letak, penggunaan kosakata dan pemilihan besar kecilnya huruf jika dirangkai dengan bahasa asing.

Sementara itu, berbagai metode juga disampaikan kepada para peserta baik berupa esai maupun pengisian tanya jawab.

Jurnalis:  A.M.Mustofa.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.