Connect with us

SKI News

Anies Baswedan Tengok Ndalem Guron, Sebuah Rumah Cikal Bakal Pondok Pesantren Di Ponorogo

Published

on

SELFI: Anies Baswedan ramai dimintai selfi sama ibu-ibu saat kunjungany di Ponorogo

Suarakumandang.com, BERITA PONOROGO. Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan,  melakukan safari ramadhan di Ponorogo, Jawa Timur. Bahkan anis mengunjungi ndalem Guron Tegalsari,  sebuah rumah bersejarah peradaban Islam yang dia beli dan di selamatkan sebelum dibongkar oleh pihak luar. Kamis, (13/04/2023).

“Tempat ini kami selamatkan sama sama pada waktu itu mau dibongkar menjadi kluster kluster,  padahal ini rumah bersejarah kemudian diselamatkan dan direnovasi,”ujar Anies.

Anies mengaku bersyukur meski belum sepurna jadi.”Nantinya dipakai untuk kegiatan keagamaan,  kebudayaan,  social baik untuk masyarakat Tegalsari sendiri maupun dari luar,”ucap Anies.

Namun dalam hal ini Anies menjelaskan bahwa bagnungan  ini akan dihidupkan sebagai salah satu pusat kegiatan kebudayaan keagamaan.

Sebagai informasi bahwa rumah yang dibangun era tahun 1850-an, ini masih mempertahankan keasliannya. Mulai dari arsitek hingga interior rumah.

 Anis sengaja membeli rumah yang dulunya diyakini merupakan tempat belajar agama islam dan cikal bakal berdirinya pondok pesantren di Ponorogo

 Menurutnya, karena rumah ini sempat akan dijual oleh tiga orang ahli waris. Bahkan muncul rumor jika rumah ini sempat akan dijadikan perumahan.

 Selain menjadi saksi bisu peradaban Islam di Kabupaten Ponorogo. Rumah ini merupakan tempat guru dan pendidik keturunan Kyai Kasan Besari dalam menyebarkan agama Islam,  termasuk lokasi pencetak pejuang dari penjajahan.  Yakni Hos Cokroaminoto, Sento Prawirodirjo hingga Kyai Mojo.

sementara tak jauh dari ndalem guron, juga terdapat Masjid tegalsari. Sebuah masjid peninggalan kerajaan Demak yang dibangun era tahun 1.742 masehi.

Meski sudah dipinang partai NasDem untuk jadi Calon Presiden, namun Anies enggan berkomentar terkait isu politik. Menurutnya,  saat ini ia hanya melakukan safari ramadhan. dan saat ini Ponorogo merupakan kabupaten ke 25 kabupaten/ kota yang sudah disinggahi.

Jurnalis: Tim.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *