Alasan Bupati Magetan Inginkan Pilkades Menerapkan Sistem E-Voting

Suprawoto Bupati Magetan

Suarakumandang.com,BERITA MAGETAN. Alasan kuat Suprawoto Bupati Magetan menginginkan pemilihan kepala desa secara serentak di 184 desa se-kabupaten Magetan dilakukan dengan e-voting karena dinilai pebih efesian dan lebih cepat.

“Selain cepat dan lebih evesin dalam pemilihan kepala desa sengaja kami juga ingin mengenalkan teknologi e-voting dan kemungkinan lebih efesin, ketimbang dilakukan dengan konfesional,”ujar Suprawoto bupati Magetan.

Dia juga mengatakan, dengan mengunakan e-voting untuk mengindari masalah yang mungkin terjadi model konvesional.

Dalam hal ini dipemilihan kepala desa yang rencana akan dilakukan pada pertengahn bulan desember 2019 akan menerapkan sistem e-voting atau electronic voting

“Kemungkinan E-voting dipercaya akan menjadi sistem yang memudahkan akses pemilihan kepala desa. Lanjut Suprawoto, selain memudahkan, sistem ini kemungkinan akan memangkas biaya yang biasa digunakan untuk mencetak surat suara dan distribusinya,”paparnya.

Sementara Iswahjudi Yulianto kepala  Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Permasdes) Kabupaten Magetan, Jawa Timur hingga sampai saat ini belum bisa memberikan keterangan terkait medote bentuk kerjasama dengan pihak pemilik mesin tersebut.

“Saya tidak bisa komentar banyak sebelum  bertemu dengan pihak Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).”Kami baru bisa membuat rencana kegiatan tersebut setelah kami  bertemu yang mempunyai system,”papar Yulianto.

“Pada intinya system dengan menggunakan e-voting lebih efektif, pertimbangan datanya lebih valid tidak perlu kertas dan lain-lain,”ucapnya.

Sebelum system e-voting  menjadi pilihan  bupati, pemerintah telah menganggarkan uang sebanyak  Rp 7,8 miliyar untuk pemilihan kepala desa dengan system konvesional.

Jurnalis: Cahyo Nugroho.

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.