Adu Ketangkasan Becak Lawu

Suara kumandang.com,BERITA MAGETAN. Dalam rangka bersih desa dan menyambut bulan ramadhan Karang Taruna Wukir Kademangan kelurahan Sarangan,  Kecamatan Plaosan,  Kabupaten Magetan, Jawa Timur  mengadakan adu ketangkasan Becak Lawu. Acara  berlokasi di hutan pinus Sarangan. Sedikitnya ada 11 peserta  yang mengikuti perlombaan ini.

Bayu Prasetya  ketua panitia acara adu ketangkasan Becak Lawu   mengatakan pihaknya bersama karang taruna Wukir Kademangan  mengadakan kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan budaya becak lawu yang saat ini mulai punah.

“Acara ini diadakan setiap tahun mas, dan diadakan setiap menyambut datangnya bulan Ramadhan,” ujar bayu prasetya. Jumat,(03/05/2019).

Dia juga mengatakan kegiatan adu ketangkasan becak lawu ini start dari hutan pinus sampai finish di depan kantor kelurahan sarangan dengan jarak tempuh 2,5 km.”Dari 11 peserta ada yang masih menggunakan becak lawu tradisonal yang biasa digunakan masyarakat untuk mengangkut rumput atau kayu ,dan ada juga yang menggunakan becak lawu yang sudah dimodifikasi menyerupai mobil balap formula 1,”kata Bayu.

Masih kata Bayu, dari  dua jenis becak lawu ini cara penggunaannya, kaki sebagai pengemudi dan tangan memegang tuas yang berfungsi untuk rem.

“Pada waktu adu ketangkasan  peserta diharuskan  melewati sejumlah rintangan terbuat dari potongan pohon pisang yang harus di lewati dengan berbelok-belok,”terangnya.

Dalam acara ini nampak sekali antusias masyarakat sekitar untuk  menyaksikan becak lawu. Sementara itu selama kegiatan adu ketangkasan becak lawu jalur hutan pinus sampai depan kelurahan Sarangan ditutup total.

Jurnalis: Cahyo Nugroho.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.