55 Cakades dalam Pilkades Ngawi Ternyata Pasutri

Warga Ngawi tentukan Kepala Desanya dalam pilkades serentak 29 Juni 2019.

Suarakumandang.com,BERITA NGAWI.Dengan berbagai alasan dan kondisi, puluhan calon kepala desa (cakades ) dalam pemilihan kepala desa (pilkades) di kabupaten Ngawi, jawa Timur 29 Juni lalu merupakan pasangan suami istri (pasutri).Selasa,(02/07/2019).

Dari data Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa ( PDMD ) kabupaten Ngawi, dari 457 cakades yang bertaruh, 55 cakades memiliki status suami istri.

Para cakades pasutri ini terkesan dipaksakan demi menghindari bumbung kosong atau tanpa rivalitas.
Seperti desa Waruk Tengah kecamatan Pangkur misalnya, cakades Mulyanto (incumbent) harus bertarung dengan istrinya sendiri Yatini untuk memperebutkan suara dari 2.392 DPT, dan hasilnya, Yanto menang telak dengan perolehan 2.229 suara dari 2.932 suara yang sah.

Berikutnya, pilkades desa Tirak, Kwadungan, Sutini kalah dari suaminya Suprapto yang memperoleh 956 suara dari 1.951 suara sah.

Mengenai pasutri yang maju di dalam kontestasi pilkades, menurut Kepala DPMD kabupaten Ngawi, Kabul Tunggul Winarno hal tersebut sah-sah saja, sesuai dengan Perda no 10 tahun 2016, Perbup no 22 tahun 2017 dan Perbub no 31 tahun 2017, yang tidak memperbolehkan calon tunggal atau musuh kotak kosong.

“Sehingga untuk memenuhi aturan tersebut banyak cakades yang akhirnya mengajak suami atau istrinya untuk menjadi cakades bayangan.” kata Kabul.

Kabul juga mengapresiasi berbagai pihak terutama perangkat keamanan yang berhasil membuat pilkades Ngawi berjalan lancar dan kondusif.

“Bahkan hingga pasca pilkades serentak tersebut, termasuk pelaksanaan pesta kemenangan dan himbauan untul tidak konvoi atau arak-arakan oleh pemenang pilkades, turut diindahkan, ini tak lain karena pengamanan petugas, juga karena kesadaran masyarakat yang cukup tinggi untuk saling menahan diri sehingga potensi rusuh pada desa rawan tidak terjadi.” terang Kabul.

Pihak DPMD menghimbau masyarakat untuk menerima hasil pilkades serentak tersebut, dengan kembali bersatu untuk mendukung kepemimpinan kades terpilih dengan tetap mengawasi kinerjanya.

Pelaksanaan pilkades serentak di Ngawi memang sudah usai. Dari jumlah total 457 cakades yang bertarung, telah terpilih 178 kades yang akan diagendakan lebih lanjut pelantikkannya.

Jurnalis: Ahmad Hakimi

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.