198 Wanita dan Pria di Magetan Mendapatkan Layanan KB Gratis

MENUNGGU: Sejumlah peserta KB setalah dilakukan KB dibawa keruang khusus sambil menunggu keadaan kondisi tubuh kembali normal.

MENUNGGU: Sejumlah peserta KB setalah dilakukan KB dibawa keruang khusus sambil menunggu keadaan kondisi tubuh kembali normal.

Magetan.Suarakumandang.com- Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Dan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (DPPKB & PPPA) Kabupaten Magetan, Jawa Timur  bekerjasma dengan  perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) propinsi Jawa Timur melaksanakan pelayanan KB gratis dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke 24 yang jatuh pada tanggal 29 juni. Acara dipusatkan di rumah sakit dr.Sayidiman Magetan. Sabtu,(29/07/2017).

Ada 198 peserta KB Medis Operatif wanita (MOW) berjumlah 162 peserta dan Medis operatif pria (MOP) berjumlah 6 peserta.” Sesuai daftar sebelumnya kami mencatat ada 238 peserta KB yang terdiri 230 peserta KB  MOW dan 8 peserta KB MOP, namun dari hasil pemeriksaan peserta yang lolos dan layak mengikuti KB MOW dan KB MOP berkurang menjadi 198 peserta,”ujar Miftahuddin kepala bidang Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Dan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (DPPKB & PPPA) Kabupaten Magetan.

BANTU; sejumlah anggota TNI AD membantu membawa peserta KB keruang khusus dari ruang operasi KB.

TNI AD BANTU: sejumlah anggota TNI AD membantu membawa peserta KB keruang khusus dari ruang operasi KB.

Dijelaskan pula, dari 198 peserta berasal dari 18 kecamatan se-kabupaten Magetan. Peserta yang sudah mendapat pelayanan KB gratis sesudah sadar mereka langsung diantar pulang kerumahnya masing-masing dengan mengunakan mobil dinas.

Jumlah peserta KB  MOW dari Ngariboyo 13 peserta, Magetan 10, Takeran 6, Barat 5, Bendo 10, Poncol 13, Karangrejo 8, Sidorejo 8, Karas 14, kawedanan 14, Lembeyan 13, Kartoharjo 11, Sukomoro 6 , Maospati 4 Plaosan 16. Sementara peserta KB MOP Sukomoro, Plaosan, Poncol, Kawedanan,  Ngariboyo, dan Karas masing berjumlah 1 peserta.

IKLAN

IKLAN

Tujuan lain dari kegiatan KB gratis adalah untuk memenuhi target layanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP), menurutnya, layanan ini juga untuk meningkatkan peserta aktif atau prevalensi bagi peserta KB.

Metode MKJP di nilai sangat efektif sekali sehingga dampak dan pengaruhnya kepada Total fertility rate (TFR) sangat efektif.”Kami mengharapkan KB gratis ini mudah-mudahan akan tercapai target peserta kb baru dalam satu tahun mampu mencapai 13.492 peserta kb di Magetan,sedangkan saat ini di Magetan baru mencapai  40 persen dari jumlah penduduk yang sudah berkeluarga,”paparnya.

Kegiatan ini terlaksana berkat kerja sama  dengan BKKBN propinsi Jawa Timur dibantu 70 anggota TNI angkatan Darat.Cahyo.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.