Connect with us

SKI News

Tiga Jalan Tertutup Longsor, 28 Warga Mengungsi

Published

on

Suarakumandang.com, BERITA PONOROGO. Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi, sekitar pukul 15.00 WIB, Sabtu, (20/11/2021) mengakibatkan tiga akses jalan penghubung Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Pacitan tertutup karena terkena tanah longsor. Tepatnya di Desa Tugurejo, Kabupaten  Ponorogo, Jawa Timur  menuju desa Gemaharjo,  Kabupaten Pacitan

Tak hanya menutup akses jalan, longsoran juga mengancam 9 rumah milik warga yang tinggal di lereng gunung, akibatnya 28 warga terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Meski demikian petugas Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ponorogo terus berusaha berjalan di atas lumpur dan melawan ancaman bahaya longsor susulan demi mengevakuasi seorang balita bersama ibunya di lokasi pengungsian yang dibangun petugas BPBD.

Sesuai pantauan Jurnalis Suara Kumandang menyaksikan sejumlah petugas menggendong balita secara bergantian karena sulitnya jalan yang tertutup longsoran.

 “Saya masih was-was takut kalau ada longsor susulan. Tadi ada 28 warga yang mengungsi dan sementara rumah dikosongkan,” kata Suharnanik, seorang pengungsi.

Dijelaskan pula, jika siang hari warga kembali ke ladang dan sawah untuk mengerjakan sawahnya. ”Kalau malam saya balik ke pengungsian,” jelasnya.

Sementara itu, Sujarwo Ketua TRC BPBD Kabupaten Ponorogo mengatakan dampak dari longsor ada sekitar 9 KK atau 28 jiwa yang harus diungsikan.

“Alasan kenapa 28 warga haru diungsikan karena mengantisipasi terjadinya longsor susulan. Selain akibat longsor juga ada 3 akses jalan sementara tidak bisa dilalui,” paparnya.

Jurnalis: Cahyo Nugroho.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *