Connect with us

SKI News

Sasa Hibahkan Tiga Unit Sepeda Motor Untuk Pokdarwis Magetan

Published

on

Suarakumandang.com, BERITA MAGETAN. Berbagai upaya yang dilakukan Diana Sasa untuk mengembangkan sector wisata di  kabupaten Magetan, Jawa Timur terutama wisata desa. Salah satunya memberikan saluran hibah 3 unit sepeda motor untuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Anggota DPRD Jawa Timur, Diana Sasa mengatakan bahwa  tiga unit sepeda motor yang diterima Pokdarwis Magetan tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) provinsi Jawa Timur (Jatim).

 “Kami perjuangkan karena untuk pengembangan sektor wisata, terutama wisata desa, selain itu  juga merupakan komitmen untuk membantu pengembangan sektor wisata, dan ini sesuai kebijakan Presiden Jokowi, membangun dari pinggiran,”jelasnya, Kamis, (24/02/2022).

Lanjut Sasa, hal tersebut juga untuk mewujudkan desa wisata, selain perlu kreativitas warga, juga perlu pendampingan dari ahli wisata.

‘Dalam hal ini yang tak kalah penting untuk membangun jejaring antar desa lintas wilayah. Di sini lah saya melihat perlunya peran Pokdarwis atau sejenisnya, misalnya Asidewi (Asosiasi Desa Wisata-red) dan sebagainya. Mereka mediator, fasilitator desa dengan pihak luar. Mereka mendampingi proses desa wisata,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Pokdarwis kabupaten Magetan Widya Astuti mengaku sangat senang, sebab, bantuan 3 unit kendaraan tersebut sangat membantu terutama Pokdarwis yang ada di desa.

“Kami sangat membutuhan sarana transporasi untuk bisa datang ketempat-tempat desa potensi wisata,”kata Widya.

Apalagi, lanjutnya, bersama desa bisa untuk melakukan sharing dan advokasi agar potensi wisata di desa bisa dikembangkan.

Dijelaskan, bahwa Pokdarwis, adalah kelembagaan yang anggotanya terdiri dari para pelaku kepariwisataan yang memiliki kepedulian dan tanggung jawab.

“Kelompok ini berperan sebagai penggerak dalam mendukung tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan untuk kesejahteraan masyarakat khususnya di kabupaten Magetan,”paparnya.

Dalam kesempatan ini, Widya atas nama Pokdarwis Magetan mengucapkan terima kasih atas kepedulian dari Mbak Sasa yang telah memberikan hibah 3 unit sepeda motor.

“Semoga apa yang menjadi bisa menginspirasi pihak lain untuk peduli terhadap kami,” tutur Widya.

Dalam hal ini Pokdarwis Magetan berhasil membawa sejumlah desa di Magetan meraih prestasi hingga tingkat nasional.

Desa Wisata Simbatan dan Genilangit merupakan 300 besar Anugerah Desa Wisata tingkat nasional dari sekitar 1800 desa yang diseleksi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Berikutnya, Desa Wisata Randugede atas Lomba Video Profil Desa Wisata Jawa Timur 2021 (PHJD) dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur.