Connect with us

SKI News

PWI Ngawi Mengutuk Keras Aksi Kekerasan Kepada Jurnalis

Published

on

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI ) Jawa Timur Ainur Rohim (foto:dok)

Suarakumandang.com, BERITA NGAWI. Aksi kerasan kepada jurnalis yang menimpa Nurhadi, wartawan Tempo pada 17 Maret 2021 yang lalu di Surabaya, mengundang keprihatinan banyak pihak.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI ) Jawa Timur Ainur Rohim mengutuk aksi kekerasan yang ditujukan kepada wartawan dalam kerja peliputan.

“Apa yang dilakukan oleh Nurhadi pada saat kejadian adalah menjalankan tupoksi sebagai wartawan untuk mendapatkan informasi tersangka kasus korupsi pajak, namun yang didapatkannya justru kekerasan fisik, perampasan ponsel hingga ancaman pembunuhan,” papar Ainur usai melantik pengurus PWI Kab. Ngawi di Pendopo Wedya Graha Kabupaten Ngawi ( 30/03/2021).

PWI Jawa Timur sudah mengambil sikap bersama untuk memberikan dukungan kepada yang bersangkutan dan berharap kepada aparat penegak hukum untuk menuntaskan kasus kekerasan tersebut.

“Tuntas dalam arti seluruh tahapan penyelesaian perkara pidana dijalankan dengan baik dan adil hingga lembaga peradilan, dimana pada masing-masing level, mulai dari level penyidikan di kepolisian, penuntutan di kejaksaan teeakhir tahap persidangan untuk mendapatkan keputusan, ini penting  dalam rangka memproteksi kemerdekaan pers,” lanjut Ainur.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua PWI Ngawi yang baru dilantik Kundari saat memberikan sambutan pertamanya dalam pelantikan yang dihadiri Forkompimda Ngawi itu.

“Apa yang terjadi pada Nurhadi tersebut mengindikasi bahwa kesadaran masyarakat untuk menghormati profesi jurnalis belum dipahami oleh semua kalangan masyarakat dan kekerasan yang menimpa jurnalis dan merupakan pelanggaran terhadap Undang-undang no 40 tahun 1999 tentang pers,” kata Ari ( sapaan Kundari ).

Direncanakan dalam waktu dekat, PWI Ngawi akan lakukan aksi solidaritas sebagai bentuk sikap atas peristiwa itu, dengan menggandeng beberapa elemen jurnalis di Kabupaten Ngawi.

Jurnalis: Ahmad Hakimi.

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.