Program ‘Bunda Kasih’ Untuk Lanjut Usia Terlantar

Sucipto Plt kepala Dinas Sosial Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Suarakumandang.com,  BERITA MAGETAN. Kabar gembira bagi lanjut usai atau orang tua yang sudah tidak memiliki keluarga, karena  dalam waktu dekat ini Dinas Sosial Kabupaten Magetan , Jawa Timur ini akan meluncurkan program pemberian makanan lanjut usia terlantar yang dinamakan “Bunda Kasih”.

“Di Magetan masih banyak sekali terdapat  lanjut usia yang terlantar membutuhkan bantuan terutamanya makanan pokok sehari-hari,”ujar Sucipto Plt kepala Dinas Sosial Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Masih kata Sucipto, sesuai  undang-undangnya lanjut usia adalah diatas 60 tahun keatas. “Sekarang ini kita pilah dulu yang umurnya 70 tahun ke atas dan yang benar-benar  tidak ada yang merawat, tidak ada saudara hidup sendiri dan makannya yang memberi orang yang berbelas kasih,”ujar Sucipto

Dijelaskan pula, untuk sekarang ini program Bunda Kasih ini telah diuji coba oleh Dinas Sosial Kabupaten Magetan.

“Untuk uji coba ada 100 lanjut usia yang sudah kita bantu daftarnya sudah ada, juga akan ditambah 100 lagi seiring berjalannya waktu, jumlah itupun masih jauh dari cukup karena memang jumlah lanjut terlantar usia di Kabupaten Magetan mencapai 1.500 jiwa,” tambah Sucipto

Sementara teknik untuk memberikan kepada lansia yakni, setiap hari penerima bantuan akan mendapat nominal Rp 10.000 seumur hidup.”Uang itu akan diberikan kepada tetangga atau warung sekitar untuk sekedar memasakkan makanan untuk makan sehari-hari para lanjut usia tersebut,”terang Sucipto.

Lanjutnya, setelah program Bunda Kasih berjalan kedepannya pemerintah melalui dinas sosial akan membentuk semacam panti yang bisa menampung orang-orang terlantar  serta orang yang memang membutuhkan bantuan.

“Panti nya memang belum ada tapi rencananya nanti pada tahun 2020 pemerintah akan memanfaatkan bangunan SD yang sudah tidak terpakai  sebagai tempat panti tadi.”pungkasnya.

Jurnalis; Cahyo Nugroho.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.