Connect with us

SKI News

Ponorogo Percepat Birokrasi Luncurkan Tanda Tangan Elektronik

Published

on

Soedjarno wakil bupati Ponorogo memberikan pecanangan

Suarakumandang,com.BERITA PONOROGO. Dalam upaya mempercepat pelayanan pemerintah Kabupaten Ponorogo,Jawa Timur mulai menerapkan penggunaan sertifikat elektronik berupa tanda tangan Elektronik (TTE).

Untuk memulai penerpaan penggunaan sertifikat elektronik berupa TTE dai kecamatan Sukorejo, Sabtu, (11/07/2020).

Soedjarno wakil bupati Ponorogo menjelasakan bahwa TTE merupakan salah satu implementasi tata kelola sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.”Ini untuk mendukung pelayanan public yang efisien dan efektif, jadi tidak ada lagi birokrasi yang ribet,”ujar Soedjarno.

“Era ini sekarang transformasi digital mutlak dilakukan. Khususnya dalam pelayanan publikyang mudah, cepat,ramah dan akuntabel,”jelas Soedjrano.

Dijelaskan pula, penggunaan TTE dalam penyelenggaraan pemerintahan, dapat mempermudah penyelenggaraan administrasi perkantoran.

Pasalnya , dokumen yang telah tersertifikasi secara elektronik dengan TTE dapat diakses secara lebih cepat, mudah, kapan saja, dan dimana saja. Pun penerapan TTE dapat menghemat ruang penyimpanan, karena dokumen dapat disimpan secara elektronik dalam awan komputasi (cloud computing).

Di sisi lain, penerapannya menghemat biaya anggaran ATK, pengadaan, dan jasa pengiriman dokumen melalui pos.”Masyarakat tidak perlu lagi bolak balik ke kantor kecamatan mengurus berbagai surat. Dan Kecamatan Sukorejo memulainya,” terangnya.

Dia mengaku masyarakat  cukup memprosesnya melalui aplikasi maka dengan cepat pihak kecamatan akan merespon. Jika semua persyaratan yang diunggah komplit maka langsung akan mendapat tanda tangan elektronik camat Sukorejo

Pun sebaliknya,  jika berkas tidak lengkap sistem otomatis akan menolak. “Saya berharap kepada OPD lain juga harus segera melangkah kearah itu yaitu tanda tangan dengan elektronik,” bebernya.

Dengan layanan ini, segala bentuk permohonan pelayanan surat menyurat yang membutuhkan tanda tangan camat kini tidak terhalang jarak dan waktu. Kapan saja dan dimana saja setiap saat dirinya bisa melakukannya.

“Masyarakat tidak perlu menunggu camat jika suatu saat berhalangan di kantor. Cukup dengan HP maka saya bisa memberikan persetujuan lewat tanda tangan elektronik. Setelah itu, pihak desa bisa langsung mencetak surat yang telah saya tandatangani melalui barcode dan bisa langsung dimanfaatkan warga masyarakat desa,” Pungkasnya.

Jurnalis: Tim/ advertorial.

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.