Connect with us

SKI News

Perpustakaan Ngawi Dulu Dianggap Angker, Kini Jadi Rujukan

Published

on

Kunjungan rombongan Dinas kearsipan dan perpustakaan daerah kabupaten Nganjuk k di perpustakaan Kabupaten Ngawi

Suarakumandang.com, BERITA NGAWI. Kantor Dinas kearsipan dan perpustakaan daerah Kabupaten Ngawi, Jawa Timur  yang dulu pernah dianggap angker oleh sebagian kalangan masyarakat kini mengalami perubahan total dan bertransformasi menjadi kantor yang besar dan representatif, sehingga banyak daerah yang lakukan study tiru ke Kabupaten Ngawi.

Hal ini dibuktikan salah satu Dinas kearsipan dan perpustakaan kabupaten Nganjuk lakukan study ke Dinas kearsipan dan perpustakaan daerah Kabupaten Ngawi.

“Memang kemarin, Selasa,(23/11/2021) mendapat kunjungan dari Dinas Kearsipan dan perpustakaan dari kabupaten Nganjuk,”ujar Sudarno, Sekretaris Dinas kearsipan dan perpustakaan Kabupaten Ngawi.

Dijelaskan pula, bahwa dengan gedung yang baru dan standart pelayanannya, kabupaten Ngawi menjadi rujukan daerah lain untuk belajar.

“Keunggulan yang dimiliki perpustakaan Ngawi, selain pengelolaan gedung dan inovasi pelayanan, juga penggunaan aplikasi digital library,”jelas Sudarno.

Dari kunjungan tersebut, Dinas kearsipan dan perpustakaan kabupaten Ngawi juga dapat saling berbagi ilmu, saling memberikan masukan yaitu dengan prinsip ATM (Amati Tiru Modifikasi) demi peningkatan pelayanan perpustakaan.

Untuk inovasi pelayanan perpustakaan kabupaten Nganjuk yang dapat diadopsi adalah pelajar TK dari seluruh wilayah, secara periodik bergantian dijemput dengan armada bus untuk berkunjung ke perpustakaan daerah dan tempat wisata terdekat.

Sementara Iskandar, Kasubag program dan evaluasi, Dinas kearsipan dan perpustakaan daerah Nganjuk mengaku senang atas sambutan perpustakaan Ngawi, dengan ilmu yang diberikan tentang pengelolaan gedung.

Menurutnya, utamanya pengelolaan dana DAK (dana alokasi khusus), proses pengelolaan dan pengaturan sarana dan prasarana perpustakaan, digitalisasi perpustakaa dan pendanaan dari DID (dana insentif daerah) serta inovasi pelayanan di daerah terpencil.

Selanjutnya diharapkan kunjungan dari beberapa daerah ke kantor Dinas kearsipan dan perpustakaan daerah Ngawi, akan semakin memperbanyak ilmu tentang pengelolaan perpustakaan, sehingga kearsipan dan perpustakaan Ngawi akan semakin maju.

Jurnalis: Ahmad Hakimi.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *