Connect with us

SKI News

Pelatihan Manajemen Lumbung Pangan ditengah Pandemi

Published

on

Suasana pelatihan manajemen lumbung pangan dimasa pandemi Dinas Pangan dan Perikanan Ngawi

Suarakumandang.com,BERITA NGAWI. Untuk meningkatkan ketahanan pangan dan ekonomi masyarakat, di tengah pandemi seperti saat ini, Dinas Pangan dan Perikanan Ngawi menggelar kegiatan pembinaan/pelatihan kemampuan ketrampilan kerja bagi petani dan pelaku agribisnis.

Kegiatan yang diikuti oleh 75 peserta dari unsur gapoktan dan LPM pengelola lumbung pangan berikut penyuluhnya ini berlangsung selama 3 hari pada pertengahan bulan lalu, ( 11 – 13 /08/2020).

Dalam pelaksanaanya, demi menerapkan protokol kesehatan, sejumlah peserta tersebut dibagi dalam 3 sesi ( shif).

Selain itu, kegiatan yang didanai dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau ( DBHCHT) anggaran 2020 ini, mewajibkan para pesertanya bermasker, melakukan pengecekan suhu tubuh, bermasker dan cuci tangan sebelum masuk ruangan.

Menurut Kepala dinas pangan dan perikanan Ngawi, Bonadi, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sumber daya petani atau kelompok, dalam mengelola lembaga cadangan pangan masyarakat, atau dikenal dengan lumbung pangan.

“Lumbung pangan merupakan sarana/tempat penyimpanan bahan pangan bagi masyarakat dan dimanfaatkan pada saat musim paceklik atau saat terjadi kerawanan pangan, seperti pada saat pandemi COVID 19 seperti saat ini,” kata Bonadi.

Selanjutnya diharapkan dengan adanya kegiatan pembinaan/pelatihan manajemen pengelolaan pangan ini dapat meningkatkan kemampuan pengelolaan lumbung pangan yang ada di masyarakat,

“Sehingga sangat membantu ketahanan pangan dan perekonomian masyarakat dapat terbantu dalam saat krisis ekonomi akibat pandemi COVID 19 saat ini,” tutup  Bonadi.

Jurnalis: Ahmad Hakimi.

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.