Connect with us

SKI News

Pastikan Jalur Ganda Aman, PT KAI Daop 7 Madiun Kembali Lakukan Uji Beban

Published

on

Sejumlah petugas sedang mengecek kondisi rel dan wesel saat DAOP 7 Madiun lakukan uji beban jalur ganda kedua

Suarakumandang.com, BERITA MADIUN. Untuk memastikan jalur ganda siap kedinasan, PT Kereta api Indonesia (Persero) Daop 7 Madiun bersama Tim satuan kerja (Satker) Jawa Timur 2 melakukan Uji beban untuk yang kedua kalinya.

“Ini sebenarnya uji beban yang kedua kalinya, pertama sudah dilakukan pada Selasa (24/09/2019) lalu. Rangkaian tetap sama yaitu dengan menggunakan 1 lokomotif dan 1 kereta api,”ujar Vice President Daop 7 Madiun Wisnu Pramudyo.

Lanjutnya, untuk uji beban kali ini hasilnya minor sekali, bila dibandingkan uji beban sebelumnya karena sudah dilakukan perbaikan.”Ini sudah layak dilakukan pendinasan, dan rencana akan dilakukan pendinasaan hari Rabu,(16/10/2019) besok,”kata Wisnu.

Vice President Daop 7 Madiun Wisnu Pramudyo.

“Nanti kalau sudah didinaskan maka akan dilewati seluruh  kereta api yang lewat Daop 7 Madiun,” kata Wisnu.

Masih kata Wisnu, untuk Switch Over atau peralihan jalur rel tahap pertama paket Jalur Ganda Madiun-Kedung Banteng (JGMK) sejauh 26 kilometer dari stasiun Babadan sampai stasiun Geneng siap kedinasan. “Sedangkan untuk target keseluruhannya di Daop 7 Madiun sebelum tanggal 1 Desember 2019, nanti bulan November 2019 seluruh lintas di Daop 7 semua harus sudah selesai,”terang Wisnu.

“Sedangkan dalam uji beban tadi kereta api berjalan dengan kecepatan kurang lebih 80 kilometer perjam, kedepannya nanti maksimal harus bisa dilalui 100 kilometer perjam di jalur ganda ini,”kata Wisnu lagi.

Dalam uji beban kedua Switch Over tahap pertama paket Jalur Ganda Madiun- Kedungbanteng (JGMK) berjalan dengan lancar. Sedangkan untuk switch over tahap kedua paket jalur ganda JGMK stasiun Geneng sampai stasiun Kedung Banteng akan dilakukan sebelum tanggal 1 Desember 2019.

Dalam pengerjaan jalur ganda di Daop 7 Madiun dikerjakan oleh Kementerian Perhubungan, dalam hal ini Direktorat Jenderal Perkeretaapian (Ditjenka) melalui Satuan Kerja (Satker).

Diinformasikan bahwa  pekerjaan tersebut dibagi menjadi dua paket. Jalur Ganda Madiun-Jombang (JGMJ) yang mempunyai panjang 74 kilometer sudah dioperasikan sejauh 54 kilometer mulai dari stasiun Baron sampai stasiun Babadan merupakan paket pertama. Sedangkan paket kedua yakni Jalur Ganda Madiun Kedungbanteng (JGMK) sepanjang 57 kilometer.

Jurnalis: Cahyo Nugroho.

 

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.