Lestarikan Seni Budaya, Dinas Pariwisata Ponorogo Gelar Festival Dalang Bocah

Sujarno, Wakil Bupati Kabupaten Ponorogo saat memberikan sambutan

Suarakumandang.com, BERITA PONOROGO. Ponorogo kota Reog, dalam rangka melestarikan seni budaya dan pengenalan seni pada anak-anak, Dinas Pariwisata Ponorogo menggandeng Pepadi Ponorogo menggelar Festival Dalang Bocah 2019. Acara ini diselenggarakan di Gedung Padepokan Reyog Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Selasa (18/06/2019)

Sujarno, Wakil Bupati Kabupaten Ponorogo dalam kesempatan membuka acara festival Dalang Bocah 2019 mengatakan. Bahwa acara ini sangat bagus dalam meberikan pendidikan kesenian dan nasionalisme untuk anak-anak. “Acara ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme anak dalam memperkokoh jati diri bangsa. Juga, untuk memunculkan rasa cinta anak terhadap seni budaya sejak usia dini,” jelas Sujarno.

Festival Dalang Bocah 2019 ini digelar pertama kali di Ponorogo. Acara ini sedikitnya diikuti 13 dalang bocah se-Ponorogo. Dalam pelaksanaanya, setiap peserta diberi waktu 45 menit untuk pergelaran pakeliran wayang kulit dalam setiap lakon yang dibawakannya.

Masih kata Sujarno, acara ini juga bertujuan untuk menumbuhkan apresiasi seni bagi anak-anak, khususnya pada seni pedalangan. Sekaligus memupuk bakat dan minat anak-anak pada seni tradisional pedalangan yang perlu dilestarikan.

Disambung oleh Lilik Slamet Rahardjo Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ponorogo menjelaskan bahwa, penyajian cerita dalam peegelaran wayang ini ditampilkan dalam bentuk lakon dan bukan petilan ataupun fragmen, di mana isi cerita disesuaikan dengan perkembangan jiwa anak-anak.

Dalam Festival Dalang Bocah 2019 ini, pihak panitia penyelenggara akan memberikan penghargaan pada kategori penyaji mumpuni, penyaji terbaik, dalang ngabei, dalang sabet terbaik, dalang catur terbaik, dan dalang greget.

“Untuk hadiah nya, peraih penghargaan terbaik selain mendapatkan trofi, piagam, dan uang pembinaan, juga akan mewakili Ponorogo pada Festival Dalang Bocah se-Jawa Timur,” pungkasnya.

Jurnalis: Nuvreilla

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.