Connect with us

SKI News

Kampanye Pilbup Damai Bawaslu Ngawi Gelar Wayang

Published

on

Bawaslu Ngawi kampanyekan Pilbub damai melaui cerita wayang kulit.

Suarakumandang.com,BERITA NGAWI. Geliat pembicaraan Pemilihan Bupati Ngawi 2020 sudah mulai terasa di tengah beberapa kalangan masyarakat. Demi menjaga kondisi dan mengantisipasi kerawanan, Bawaslu kabupaten Ngawi, Sabtu malam ( 09/11/2019) menggelar acara wayangan, di lapangan Pangkur kecamatan Pangkur, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Wayang kulit dengan dalang Alex Sabdo Budi Utomo ini mengetengahkan  lakon Wahyu Katentreman. Acara ini sebagai salah satu cara Bawaslu untuk pengawasan antisipatif geliat pemilihan Bupati ( Pilbub ) Ngawi 2020 dengan pendekatan budaya sesuai kultur masyarakat.

Upaya bawaslu Ngawi ini, seiring dengan tahapan Pilbub yang sudah berjalan, diapresiasi oleh Bawaslu Provinsi melalui perwakilanya yang khusus hadir memenuhi undangan berikut para komisoner Bawaslu se eks karisidenan Madiun.

“Pilkada di Ngawi 1 tahun lagi, bawaslu kabupaten Ngawi harus melakukan upaya untuk mencegah terjadi pelanggaran pemilu. Kami mengapresiasi positif atas sosialisasi yang dikemas dalam pagelaran wayang kulit ini,” kata Komisioner Koordinator Devisi, Humas dan Hubungan antar Lembaga, Bawaslu Jawa Timur, Nur Elia Anggraini.

Menurut Elia langkah Bawaslu Ngawi ini bisa menjadi rujukan metode pendekatan kepada masyarakat dalam mengkampanyekan pilkada damai.

Sementara itu, Kanang- sapaan akrab Budi Sulistyono, lebih menyinggung tentang peran dan tugas Bawaslu dalam Pilbub tahun depan menjadi faktor penting dalam menjaga kondusifitas penyelenggaraan baik sebelum, saat hari pemilihan hingga setelah pencoblosan.

“Pergantian di dalam  kepemimpinan suatu daerah adalah hal yg biasa dan sudah diatur dalam undang undang. Semua pihak terkait harus menyiapkan, termasuk bawaslu diharapkan bekerja sebagaimana tupoksinya,” kata Kanang sesaat sebelum menyerahkan gunungan wayang kepada dalang.

Sama halnya seperti KPU, Bawaslu sering menjadi sasaran tembak dari para kontestan berikut pendukungnya, untuk memenuhi hasrat kepentinganya. Karenanya kekuatan independensi dan integritas menjadi benteng terakhir bagi lembaga ini untuk menjaga kepercayaan publik sebagai pemegang peluit pengawasan.

Jurnalis:   Ahmad Hakimi.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.