Connect with us

SKI News

Jenazah COVID-19 Tertukar, Makam Dibongkar Petugas

Published

on

saat jenazah dibongkar kembali

Suarrakumandang.com, BERITA PONOROGO. Akibat kelalaian petugas rumah sakit yang kurang teliti sebuah pemakaman di Kelurahan Kepatihan, Kecamatan/Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur terpakasa dibongkar, Rabu Sore (24/03/2021). Dibongkarnya makam dikarenakan jenazah tertukar dengan pihak lain.

Arim Kamandaka petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupate Ponorogo menjelaskan bahwa tertukarnya jenazah yang merupakan pasien COVID-19 dari Rumah Sakit (RS) Darmayu terjadi lantaran kurang teliti petugas dari pihak RS Darmayu. “Jadi kami kan pas menguburkan sudah tinggal terima saja dari pihak rumah sakit. Pas di lokasi, tim kami yang pertama itu tidak sempat membaca identitas jenazah dengan alamatnya,” jelasnya.

Masih kata Arim, pihaknya tidak tahu menahu tentang tertukarnya jenazah. Lantaran tugas dari BPBD sendiri hanya menunggu kedatangan jenazah dan mulai menguburnya. ” Kan pihak kami juga tidak berwenang atas pengambilan jenazah di rumah sakit. Jadi kami hanya menerima jenazah di tempat pemakaman dan mulai utuk memakamkannya,” ceritanya.

Lanjutnya, setelah 4 jam dimakamkan pihak keluarga dari jenazah COVID-19 dari Kecamatan  Badegan mengetahui bahwa jenazah yang akan dimakamkan merupakan jenazah warga Kecamatan Ponorogo.  “Hal ini bisa terjadi lantaran kedunya merupakan pasien dari RS Darmayu dan akan dimakamkan di tanggal yang sama,”ungkapnya.

“Kekeliruan terjadi itu saat petugas Rumah Sakit mengambil jenazah dari kamar mayat. Alhamdulillah pihak rumah sakit mengakui keteledoran petugasnya,” tuturnya.

Setelah membongkar makam, pihak BPBD segera menukar jenazah dan akhirnya diantar ke alamat yang benar. “Sangat disayangkannya kejadian seperti ini kenapa bisa terjadi dan tidak untuk pertama kalinya. Sebelumnya juga pernah kejadian salah jenazah, namun belum sempat dimakamkan. Jenazah juga  RS Darmayu juga,”pungkasnya.

Jurnalis: Cahyo Nugroho/ N.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.