Connect with us

SKI News

Hari Lingkungan Hidup. Meningkatkan Kesadaran Masyarakat, Pemkab Magetan Gelar Dialog

Published

on

Suprawoto Bupai Magetan saat menerima cindramata berupa pot bunga yang terbuat dari limbah popo bayi dari salah satu anggota bank sampah desa Sumberdodol Panekan Magetan dibalai desa.

Suarakumandang.com BERITA MAGETAN. Pemerintah Kabupaten Magetan (Pemkab), Jawa Timur dalam rangka hari lingkungan hidup sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni. Mengajak masyarakat dialog tentang program kebersihan dan pengelolahan sampah di Magetan. Selasa (08/06/2021). Acara di Balai Desa Sumberdodol, Kecamatan Panekan. Selasa (08/06/2021).

Dengan dialog ini Aris Purwanto selaku Ketua Bank Sampah Gelar Asri Desa Sumberdodol, Kecamatan Panekan mengaku sangat senang karena untuk mengingatkan masyarakat tidak membuang sampah sembarangan dan memberikan arahan pada masyarakat.

 “Sebelum terbentuknya Kelompok Bank Sampah Gelar Asri. Sekelompok pemuda merasa sangat meprihatinkan melihat kondisi sampah di sungai,” jelas Aris.

Masih kata Aris akhirnya pemuda berinisiatif membentuk sebuah kelompok bank sampah yang diberi nama Gelar Asri dengan makna Gelar Resik Asri. “Hal ini untuk menciptakan Desa Sumberdodol supaya lebih bagus, asri, indah dan nyaman,” kata Aris.

Selanjutnya agar masyarakat paham tentang lingkungan hidup. Kelompok bank sampah akan mensosialisasikan akan pentingnya lingkungan hidup. “Karena banyak sekali masyarakat yang kurang yakin,” jelas Aris.

“Kita jemput bola dulu supaya mereka paham dampak negatifnya sampah, supaya masyarakat paham dan peduli terhadap bahayanya dampak negatif sampah itu sendiri,” terangnya.

Sementara itu, selama ini pemuda yang terbentuk dalam kelompok bank sampah memanfaatkan sampah kering seperti kantong plastik, botol, karung bekas, dan kardus sebagian untuk kerajinan dan sebagian untuk dijual.

Jurnalis: TT.

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.
error: Jangan Di Copy ya!!