Connect with us

SKI News

Digitalisasi Ekonomi Kreatif Untuk Pelaku UMKM di Ngawi

Published

on

Ony Anwar Harsono, Bupati Ngawi

Suarakumandang.com, BERITA NGAWI. Perkembangan ilmu pengetahuan dan tekonologi dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan, salah satu diantaranya metode pembayaran QRIS (quick response code Indonesian standart).

Ony Anwar Harsono, Bupati Ngawi mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan adalah sosialisasi dan edukasi QRIS kepada pelaku UMKM.

“Ini upaya digitalisasi ekonomi kreatif sehingga pelaku UMKM di Ngawi “melek” digital,”ujar Ony, Senin (30/08/2021).

Dijelaskan pula, QRIS merupakan tool pembayaran melalui digitalisasi ekonomi kreatif yang jika diimplementasikan kepada pelaku UMKM, maka jelajahnya semakin luas dan otomatis omset semakin meningkat.

Sementara Sofwan Kurnia, Kepala Bank Indonesia cabang Kediri, nara sumber dalam kegiatan sosialisasi dan edukasi QRIS mengatakan bahwa QRIS merupakan pengaturan berbagai macam QR dari berbagai penyelenggara jasa sistem pembayaran menggunakan QR code sehingga pembayaran menggunakan QRIS lebih mudah, cepat dan terjaga keamanannya.

“ Metode QRIS mempunyai kelebihan “UNGGUL”, yaitu universal, gampang, untung dan langsung,”jelas Sofwan.

Dikatakan pula, bahwa Metode ini juga sangat cocok untuk kondisi pandemi seperti saat ini, dikarenakan dengan metode QRIS tidak menggunakan uang tunai sehingga meminimalisasi penularan COVID-19 melalui uang.

Kegiatan UMKM di Ngawi tersebut berjalan dengan tetap memenuhi prokes yang ketat. Dalam kegaiatan tersebut diikuti 60 orang secara offline dan 150 secara online

Dalam kesempatan ini,  komisi XI DPR  RI, M.Sarmuji menyampaikan paparan materinya secara virtual, yang diharapkan ekonomi kreatif tumbuh dengan tidak menambah paparan COVID-19 di Ngawi.

Jurnalis: Ahmad Hakimi.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *