Connect with us

SKI News

Bendung Bringin Jebol, 709 Hektar Sawah Di Magetan Terancam Kekeringan

Published

on

Kondisi Bendung Karet di desa Tulung,Kecamatan Kawedanan Magetan yang rusak

Suarakumandang.com, BERITA MAGETAN. Bendung Karet Bringin di Desa Tulung, Kecamatan Kawedanan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur  jebol.  Akibat kondisi ini, sedikitnya 709 hektar sawah di dua kecamatan terancam tidak mendapat ketersedian air untuk pertanian di musim kemarau nanti.

Gaguk Arif Sujatmiko Anggota DPRD Kabupaten Magetan mengatakan bahwa Bendung Karet Beringin berfungsi sebagai pengatur air untuk mengaliri persawahan di dua kecamatan yakni Kecamatan Kawedanan dan Kecamatan Nguntoronadi.

“Sedikitnya ada sekitar 15 desa jika bendungan tersebut tidak segera diperbaiki maka musim kemarau mendatang para petani akan kesulitan mendapat air untuk pertanian,” jelas Gaguk. Selasa, (08/03/2022).

Lebih lanjut, memang  bahwa kewenangan Bendung Beringin tersebut ada di Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo. Akan tetapi perlu ada antisipasi bagaimana kemudian Pemerintah Kabupaten Magetan segera memberi usulan kepada BBWS untuk segera diperbaiki.

“Alasan kenapa untuk segera diperbaiki, karena Bendung Beringin tersebut sangat dibutuhkan masyarakat banyak khususnya para petani di dua kecamatan,” kata Gaguk.

Masih kata Gaguk, untuk musim penghujan saat ini para petani sementara tidak membutuhkan air, akan tetapi jika tidak segera diperbaiki maka musim kemarau nanti petani akan kesulitan air.

Sementara itu, Tukiran pembantu penjaga Bendung Ringin menjelaskan bahwa kerusakan Bendung Karet Beringin terjadi pada akhir tahun 2021 atau memasuki musim hujan.

 “Awalnya karet itu sobek dari sisi sebelah selatan, tadinya sobeknya hanya  kecil tapi lambat laun sobekan itu melebar hingga ke sisi utara,” ucap Tukiran.

Dijelaskan pula, selama kerusakan karet Bendung Beringin sudah dilakukan penanganan darurat yakni dengan cara dijahit dan diberi lem yang sifatnya hanya sementara. “Untuk lem asli masih menunggu pembelian di luar negeri melalui via online,” jelasnya. Rabu, (09/03/2022).

“Saat perbaikan kemarin itu dibantu oleh sejumlah petani bersama dinas terkait,” paparnya.

Disebutkan Bendung Karet Beringin tersebut sudah berusia sekitar 27 tahun dan mengaliri persawahan seluas 709 Hektar.

“Jika nanti tidak ada perbaikan secara total maka akan dilakukan penanganan darurat yakni membuat tanggul dengan kantung-kantung berisikan pasir, jika nanti memungkinkan karet ada yang bisa dipakai  maka nanti akan dipompa,” pungkasnya.

Jurnalis: Cahyo Nugroho.