Connect with us

SKI News

Aquascape, Membentuk Ekosistem Mini di dalam Air untuk Meditasi Relaksasi

Published

on

Aquascpae

Suarakumandang.com,  BERITA PONOROGO. Di sela-sela aktifitas yang padat, pria asal Ponorogo ini menekuni kegiatan produksi Aquascape. Buyung Yustan Witanara (32) menekuni hobinya membuat Aquascape sejak tahun 2014. 

Aquascape sendiri ialah seni mengatur tanaman air dan batu, atau kayu apung, secara alami dan indah di dalam akuarium sehingga memberikan efek seperti berkebun di bawah air.

Pria kelahiran Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur ini sudah menghasilkan puluhan bahkan ratusan karya Aquascape. Nara, nama akrabnya. Ia mengatakan bahwa awal mula memproduksi Aquascape ini berasal dari ketertarikannya saat salah satu temannya memamerkan Aquascape buatannya kepada Nara.

“Dulu itu tahun 2014 ada teman saya yang buat aquascape juga. Terus saya lihat kok bagus, saya jadi pengen buat sendiri dan keterusan sampai sekarang,” ungkap Nara sembari merawat Aquascape miliknya.

Selama ini Nara hanya menjadikan Aquascape sebagai hobi di tengah kesibukannya mengelola cafe dan studio musik.

Nara mengatakan bahwa ia tidak menjual Aquascape, namun jika ada yang menawar sesuai harga yang ia inginkan Nara akan menjualnya. “Sebenernya saya gajualan, tapi kalau ada yang tawar dan harganya pas ya saya lepas,” ungkapnya.

“Untuk harga Aquascape sendiri sangat bervariasi mulai dari 2 juta hingga puluhan juta. Semua tergantung bahan dan tingkat kesulitan saat mendesainnya,” jelasnya.

Nara juga menjelaskan bahwa Aquascape ini berbeda dengan aquarium pada umumya. Dimana Aquascape lebih menonjolkan keindahan dari ekosistemnya dibanding ikannya.

Menurutnya Aquascape membentuk ekosistem air tawar di dalam akuarium di dalamnya diisi bebatuan atau  kayu-kayuan. Sedangkan  flora, yakni tumbuhan air seperti rumput atau sejenisnya.”Sedangkan untuk lebih mempercantik suasana kita bisa beri ikan-ikan sesuai selera,” terangnya.

“Bagus kalau dipandang apalagi tanaman airnya hijau-hijau menyegarkan mata. Aquascape juga merupakan meditasi relaksasi, karena orang yang melihatnya akan merasa nyaman,” ungkap Nara.

Untuk perawatan Aquascape ini berbeda dengan akuariun. Dimana Nara harus memastikan mengukur tingkat pH, TD, dan suhu. “Aquascape di kondisi baik itu saat pH nya netral, TDS rendah, dan suhu normal,” paparnya.

“Meski saya tidak menjualnya, namun jika ada yang menawar dengan harga tinggi saya lepas. Dan kurang lebih 1 Aquascape ini dapat menghasilkan laba 6 juta,” pungkasnya.

Jurnalis: Nuvreilla.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.
error: Jangan Di Copy ya!!