Connect with us

SKI News

1538 Surat Tilang, Di Teken Polisi Dalam Sepekan Operasi Zebra

Published

on

Kasat Lantas AKP Bambang Prakoso, Bersama Anggota satlantas Polres Ponorogo Melakukan Razia Di Perempatan Kota Lama (Pasar Pon) JL Niken Gandini

Suarakumandang.com,BERITA PONOROGO, Sepekan menjalankan operasi zebra Semeru, Anggota Satlantas Polres Ponorogo mengeluarkan 1538 Surat Tilang.  Sementara mengeluarkan sebanyak 765 teguran.

“Total ada 2294 perkara. Baik itu yang kami tilang atau hanya kami tegur saja. Itu sampai sepekan atau data kemarib,” kata Kasatlantas Polres Ponorogo,  AKP Bambang Prakoso,  Rabu (30/10/2019).

Dia menyebutkan dari 1.538 yang ditilang, 1024 di antaranya adalah pelajar atau mahasiswa.  Menyusul kemudian karyawan atau swasta sebanyak 464 orang. Dan PNS sebesar 23 orang.

“Sisanya ada sopir sebanyak 11 orang. Dan pekerjaan lain misal ibu rumah tangga sebanyak 64 orang,” jelas Bambang.

Menurutnya, dari 1024 pelajar atau mahasiswa yang kena tilang itu, 948 yang di bawah umur dan otomatis tidak punya SIM. 23 orang tidak menggunakan helm SNI. Melawan arus ada 20 orang. Menggunakan handphone saat berkendaraan ada 1 orang.

“Lampu tidak standart 1 orang. Tidak membawa surat lengkap 205 orang. Dan lain-lain 295 orang,” jelasnya.

Sementara, untuk pelanggar yang roda empat, jenis pelanggaran 45 orang karena sabuk pengaman. “Kalau mobil  jenis pelanggarannya karena sabuk,” urainya.

Di sisi lain, kata dia, barang bukti yang disita berupa SIM, STNK dan kendaraan. Dengan rincian 76 SIM, 1427 STNK dan 35 kendaraan.

Dia menjelaskan bahwa anak dibawah umur saat ini menjadi atensi khusus. Sehingga operasi Zebra Semeru memang diatensikan khusus untuk para pelajar di bawah umur yang nekat berkendaraan.

“Saya tetap mengingatkan  kepada orang tua agar anaknya bisa naik kendaraan umum seperti Angkutan Cerdas Sekolah (ACS) milik Pemkab Ponorogo,” urainya. 

Apalagi, kata dia, (ACS) gratis, bisa dimanfaatkan. Kalau memang memberikan fasilitas ke anak, bisa diantar jemput dengan motor atau mobil.

Bambang mengimbau masyarakat untuk tertib berlalulintas sebab, jika tertib bisa berkendara dengan aman dan nyaman. 

“Berkendara dengan baik, bisa meningkatkan keamanan dan ketertiban lalu lintas,” pungkasnya.

Jurnalis: Yoga Kareim (Magang).

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.