Connect with us

SKI News

Eksekutif dan Legislatif Kota Kediri Tandatangani Persetujuan Bersama Dua Raperda

Published

on

Eksekutif dan Legislatif Kota Kediri Tandatangani Persetujuan Bersama Dua Raperda

Suarakumandang.com, BERITA KEDIRI. Melalui Pj Wali Kota Kediri Zanariah selaku Eksekutif Pemerintah Kota Kediri bersama Legislatif atau DPRD Kota Kediri melakukan persetujuan bersama dua peraturan daerah, pada Rapat Paripurna DPRD Kota Kediri di Ruang Sidang DPRD Kota Kediri, Kamis (20/6/2024).

“Kami atas nama Pemerintah Kota Kediri mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan anggota dewan yang telah memberikan persetujuan atas hasil pembahasan Raperda tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Kediri tahun 2023-2044, dan Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun 2023,” ujar PJ Wali Kota Kediri.

Lebih lanjut, Zanariah menjelaskan bahwa pembentukan Raperda Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Kediri tahun 2024-2044 ini penting, karena penataan ruang merupakan salah satu instrumen bagi Pemda dalam menghadapi masalah pembangunan, investasi dan penciptaan lapangan kerja. Dengan begitu, adanya Perda ini dapat menjadi pedoman, arah, kebijakan dan strategi dalam penataan ruang kawasan.

“Setelah ini kami akan tindak lanjuti permohonan persetujuan lintas sektor ke Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional,” imbuhnya.

Sementara itu, untuk Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun anggaran 2023, menurut Pj Wali Kota Kediri penyusunan dan pembentukannya merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh Pemerintah Daerah sesuai ketentuan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

“Untuk itu, terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja secara profesional dalam pengelolaan keuangan daerah,” tambahnya.

Di akhir sambutannya, Zanariah menyatakan bahwa berbagai saran, masukan dan rekomendasi dari seluruh anggota DPRD Kota Kediri dalam pembahasan rapat panitia khusus, akan menjadi bahan motivasi Pemerintah Kota Kediri untuk lebih kreatif mengambil langkah konkrit dan strategi mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, akuntabel dan transparan.

Sebelumnya persetujuan bersama dua Raperda, fraksi-fraksi DPRD Kota Kediri menyampaikan pendapat akhirnya. Dari Fraksi PDI Perjuangan disampaikan oleh Harianto, Fraksi Partai Amanat Nasional disampaikan Anton Dipayasa, Fraksi Gerindra disampaikan Sriana, Fraksi Nasdem disampaikan oleh Sofyan Sauri,  Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa disampaikan oleh Afif Fachrudin Wijaya, Fraksi Karya Nurani disampaikan oleh Pujiono, dan Fraksi Keadilan Pembangunan disampaikan oleh Nurfulaily. Lalu dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara atas persetujuan dua Raperda oleh Ketua DPRD Kota Kediri, Wakil Ketua DPRD Kota Kediri dan Pj Wali Kota Kediri.

Turut hadir dalam rapat paripurna ini, Ketua DPRD Kota Kediri Gus Sunoto, Sekretaris Daerah Kota Kediri Bagus Alit, Kepala OPD Pemerintah Kota Kediri, anggota DPRD Kota Kediri, dan perwakilan Forkopimda.

Jurnalis: Tim.