Connect with us

SKI News

Tahun Anggaran Baru, Pengajuan Berkas Lelang Barang dan Jasa di Ngawi Masih Sepi

Published

on

Lengang.Staf penerima berkas lelang pengadaan barang dan jasa UKPBJ Ngawi menunggu para pengaju pengadaan.

Suarakumandang.com,BERITA NGAWI. Pengajuan Lelang barang dan jasa oleh OPD Lingkup Pemkab Ngawi masih minim. Padahal pengajuan lelang pengadaan tersebut harus secepatnya dilakukan untuk menunjuang pelaksanaan program selama satu tahun.

Dari 6 OPD yang menjadi langganan pengajuan lelang barang dan jasa , hingga minggu kedua awal tahun ini sebelumnya siap melakukan lelang dini.

Tercatat hanya 3 OPD yang sudah masuk ke meja Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa ( UKPBJ), yaitu Dinas lingkungan hidup, Dinas kesehatan dan Dinas perdagangan, perindustrian dan tenaga kerja. Itupun masih sebatas surat pengajuan proses.

” Hingga minggu kedua ini masih ada 3 OPD yang mengajukan proses lelang” kata Mamik Subagyo, Kepala UKPBJ Pemkab Ngawi.( 13/01/2019).

Sedangkan seperti Dinas PUPR,  Dinas Kominfo dan RSUD dr Suroto Ngawi, yang selalu menjadi langganan mengajukan pengadaan barang dan jasa belum menyampaikan surat proses” ungkap Mamik.

Mamik sendiri tidak mengetahui pasti penyebab utamanya para OPD terkesan ‘lemot’ dibanding pada beberapa tahun sebelumnya pada periode yang sama.

Padahal berbagai regulasi baru yang tercantum dalam PP no 16 tahun 2018, tentang pengadaan barang dan jasa Pemerintah, dimaksudkan untuk mempermudah semua pihak, baik OPD, pihak rekanan dan juga Pemkab Ngawi.

Apalagi dengan memanfaatkan perkembangan IT saat ini dibuka layanan pengadaan barang dan jasa secara elektronik, dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas

Sementara itu mekanisme pengadaan barang dan jasa dapat melalui pengadaan langsung, penunjukan langsung serta e-purchasing berdasarkan besaran anggaran yang diajukan.

 Jurnalis:  Ahmad Hakimi

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.